Ketika Nagasaki dan Hirosima luluh lantak dan jepang menyerah kepada sekutu,apa yang ditanyakan oleh Kaisar:" berapa banyak guru yang tersisa? ".Tidak sampai satu dasawarsa jepang kembali bangkit menjadi negara super power diberbagai bidang kehidupan . Bagaimana dengan negeri tercinta yang saat jepang luluh lantak ,negara ini memproklamirkan kemerdekaannnya ?.Hingga saat ini Indonesia telah merdeka selama 68 tahun masalah pendidikan belum juga dapat dikelola dengan benar..Kurikulum terus bergonta ganti,tiru sana tiru sini,bahkan ada semacam pameo" Siapa berkuasa dia berhak secara penuh untuk membuat kurikulum yang menurutnya paling cocok untuk bangsa ini tanpa melakukan riset yang mendalam dan tanpa melibatkan pakar-pakar pendidikan yang mungkin lebih memahami pendidikan model yanga bagaimana yang cocok untuk mengembangkan karakter bangsa ini.
Gonta ganti kurikulum sebenarnya tidak masalah jika tujuannya adalah menyempurnakan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin canggih.Tetapi yang menjadi masalah adalah ketidak kesiapan seluruh komponen bangsa ini membangun sistem pendidikan yang menyeluruh, bukan tambal sulam tetapi memiliki pondasi yang kuat.Umpamakan pendidikan itu adalah Tumbuhan yang kokoh akarnya nya sangat kuat menghasilkan buah yang banyak berwarna warni dan nikmat. Pendidikan dibangun melalui kesadaran seluruh kompenen bangsa bahwa satu-satunya cara membuat bangsa ini lebih baik adalah melalui pendidikan yang berkarakter. Kesadaran ini menjadi modal untuk duduk bersama para pakar pendidikan yang jujur, berkomitmen,mengenyampingkan perasaan sebagai tokoh atau paling berpengaruh dan para pengambil keputusan yang memiliki hati nurani yang bersih dari kepentingan politik untuk menyusun sistem pendidikan yang paling tepat untuk bangsa ini.Setelah sistem dibangun semua komponen pendidikan digerakkan untuk mendukung secara maksimum sistem yang telah dibuat. terutama komponen guru.Harus ada revolusi pendidikan guru. Seseorang menjadi guru harus merupakan panggilan jiwa.Jika Guru panggilan jiwa maka guru memiliki kompetensi yang luar biasa untuk menghantarkan anak didiknya untuk memiliki Atitude yang luar biasa ( karakter kuat disegala aspek sesuai dengan kemampuan /diatas kemampuan dan potensi anak didiknya). berlanjut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar